Sabtu, 09 November 2013

Resep Bubur Sumsum Hijau



Ala Resep – Bubur Sumsum Hijau. Kali ini Ala Resep akan berbagi resep masakan asli Indonesia yaitu Bubur Sumsum Hijau. Bubur sumsum yang kita tahu buasanya berwarna putih dengan gula jawa cair sebagai pemanis. Kali ini kita akan membuat bubur sumsum lebih menarik dengan merubah warnanya menjadi hijau. Lantas bagaimana cara membuatnya? Berikut bahan-bahan dan cara memasak Bubur Sumsum Hijau selengkapnya.

Bahan Dasar Bubur Sumsum Hijau

  • 100 ml air perasan daun pandan
  • 1 kilogram tepung beras
  • ½ liter santan
  • 2 sendok teh garam atau sesuai selera
  • Gula merah secukupnya

Cara Memasak Bubur Sumsum Hijau

Sebenarnya anda bisa menggunakan pandan pasta untuk memberikan warna hijau, tetapi agar lebih alami dan beraroma kita gunakan air perasan daun pandan.
Langkah pertama membuat Bubur Sumsum Hijau yaitu larutkan tepung beras dengan air pandan dan santan sedikit demi sedikit.
Tambahkan garam agar lebih gurih dan masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mengental dan aroma tepung sudah tidak tercium lagi. Jika sudah, angkat dan sisihkan.
Siapkan kinca dengan cara memasak gula merah dan air hingga mengental dan saring.
Untuk santan gurih, gunakan santan kental yang diberi sedikit garam lalu masak di atas api sedang sambil terus diaduk agar tidak pecah.
Untuk penyajian hangat, tuangkan bubur sumsum di atas mangkuk kemudian siram dengan santan dan gula merah. Jika ingin disajikan dingin, simpan terlebih dahulu dalam kulkas dengan wadah tertutup rapat selama beberapa jam.

Itulah resep membuat Bubur Sumsum Hijau Ala Resep. Cara membuatnya mudah bukan? Anda juga dapat membaca resep berbagai masakan lokal di Ala Resep ini. Semoga resep Bubur Sumsum Hijau ini bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar